if99.net

IF99 ITB

Archive for the ‘Resep’ Category

Resep Salad Buah Saus Keju

without comments

v-FruitSalad1

Hari ini muncul ide bikin salad buah. Idenya muncul setelah kemarin beli salad di pasar ta’jil. Mahal banget, 5000 satu gelas kecil. Nah, daripada beli mahal, mendingan buat sendiri. Bisa makan sepuasnya. Lalu, berburu resep di internet, munculnya macam-macam versi. Akhirnya ketemu satu resep ini dan sedikit modifikasi jadilah salad buah yang lezaat sekali, gurih dan manis.

Bahan-bahan :

Melon+rambutan+apel+pir+nata de coco+nutrijel (takarannya suka-suka aja, kalaupun mau diganti buah lainnya bisa-bisa aja sih kelihatannya). Buah-buahannya dipotong kota-kotak. Semua bahan dicampur.

Bahan Saus Keju :

250 ml susu cair
100 gr gula pasir
1 sdm maizena
6 sdm mayonaise
keju parut secukupnya

Caranya :

- larutkan maizena + susu sedikit
- campurkan larutan maizena, sisa susu, dan gula. masak hingga kental dan meletup. matikan api.
- aduk sebentar kemudian masukkan mayonaise, aduk hingga rata.
- siramkan ke atas campuran buah.
- taburi dengan keju parut.
- simpan di lemari pendingin.

Minimal disimpan 30 menit-lah agar sausnya agak dingin. Setelah itu salad siap disajikan.

Selamat Mencoba.


Written by indahgita

September 12th, 2009 at 8:31 pm

Posted in Resep

Makaroni Schotel

without comments

Nah…ini camilan favorit suami, paling suka kalau dimasakin ini. Awal tertarik membuatnya setelah disuguhi makanan ini oleh tetangga. Walaupun beda versi dengan yang pertama kali dimakan, resep versi sendiri tidak kalah lezat.

Bahan-bahan :

250 gr makaroni elbow (persis 1 pak Delmonte)
200 gr kornet
250 gr keju parut
500 ml susu cair
5 butir telur, kocok lepas
2 sdm mentega
50 gr bawang bombay, cincang kasar
1/2 sdt pala bubuk, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt garam

Caranya … :

- Didihkan air, kemudian masukkan makaroni, masak hingga lunak (bisa baca petunjuk di bungkusnya), tiriskan.
- Tumis bawang bombay dengan mentega, sisihkan.
- Campurkan makaroni, keju, kornet, telur, dan susu cair. Aduk hingga rata.
- Masukkan tumisan bawang bombay, garam, merica, dan pala bubuk. Aduk.
- Panggang di oven atau wajan khusus hingga kecoklatan.

Sajikan saat agak dingin plus saus tomat pedas. Enak dimakan sambil ngumpul dengan keluarga. Mmmm ……


Written by indahgita

September 8th, 2009 at 6:56 pm

Posted in Resep

Puding Coklat with Vanilla Vla

without comments

Resep ini awalnya ngintip di internet. Trus, berdasarkan percobaan demi percobaan akhirnya ada sedikit modifikasi pada bahan dan caranya. Rasanya coklat banget, ditambah vla .. hmmm.. yummy deh!

Bahan-bahan puding :

1 Bungkus agar-agar coklat (aku pake Swallow Globe)
1 Kaleng SKM Coklat
1 sdm maizena
1 sdm coklat bubuk
200 gr gula pasir
1400 ml air

Cara memasak :

a. Campurkan susu, bubuk agar, gula, dan air.
b. Campurkan maizena dengan sedikit campuran, aduk rata. Masukkan ke campuran A.
c. Larutkan coklat dengan sedikit air hangat (klo pake air dingin menggumpal), masukkan ke campuran B.
d. Aduk rata seluruh bahan lalu jerang hingga mendidih.
e. Tuangkan dalam cetakan.

Bahan vla :

500 ml susu cair
150 gr gula pasir
1 sdm maizena
1 butir kuning telur
sedikit essens vanilla

Cara memasak :

a. Aduk rata kuning telur, maizena, dan 3 sdm susu cair. Sisihkan.
b. Campurkan sisa susu, essens vanilla, dan gula pasir kemudian jerang di atas api dan diaduk hingga gula larut.
c. Setelah gula larut langsung masukkan campuran kuning telur (jangan sampai susu mendidih) dan aduk rata.
d. Matikan api setelah vla mendidih. Dinginkan.

Naah… selesai, puding siap disajikan bersama vla vanilla.

Selamat menikmati.


Written by indahgita

September 6th, 2009 at 11:51 am

Posted in Resep